Senin, 04 Mei 2015

Tips dan Trik Penangkal Artblock


           Artblock, mungkin kalian agak asing dengan istilah ini. Namun tidak bisa disangkal lagi sebagian Artist (Bukan pemain film lho...) pernah merasakan hal yang seperti ini.   

Pada dasarnya, manusia pasti pernah dan akan merasakan titik jenuh, entah itu dari bidang pekerjaan yang digelutinya ataupun asmara (Ciaaat).

Tapi, disini saya tidak akan membahas tentang asmara atau semacamnya. Disini saya akan kembali menuju judul "Artblock" jika ditelaah dari katanya, 'ART' dan 'BLOCK'. 'ART' berarti Seni dan 'BLOCK' berarti halangan . Jika ditelaah dari katanya ARTBLOCK berarti 'Halangan Seni'.

Sudah tahu kan, arti dari Artblock tersebut ? 
iyaaakk... Artblock bisa disebut titik jenuh yang berhubungan dengan dunia seni. Kita akan merasa susah mendapat kepuasaan saat berkarya, dan akan merasa pesimis saat melihat karya orang yang lebih WOW. Hal ini lumrah, pasalnya manusia adalah mahluk yang tidak pernah puas ( Kebanyakan baca Manga :'v).






Kali ini saya akan memberi beberapa cara agar menyembuhkan atau Menghilangkan Artblock


1. Istirahatkan Diri Sejenak


Hasil gambar untuk Sleep with headset


         Saat tubuh anda merasa sedang lelah, otomatis semua hal yang anda lakukan tidak dapat  berjalan secara maksimal. Oleh karena itu, anda harus mengistirahatkan  tubuh anda sejenak. Istirahat tidak harus tidur, disini anda dapat duduk disertai alunan musik kesukaan yang membuat pikiran anda tenang sebelum kembali bergelut ke dunia gambar.


2.Ingatlah ! Karya anda adalah Style Anda, Jangan berusaha mengkuti Style orang yang akhirnya Membebani Pikiran Anda.




Saat anda pertama kali belajar menggambar, saya yakin anda pasti akan mencontoh sebuah karya orang lain terlebih dahulu, jika tidak karya orang lain, anda akan meniru apa yang ada di alam ini. Saat anda meniru karya orang lain, karena masih awam anda berfikir "Ah, percobaan pertama tidak buruk"  dan kemudian berlanjut ketika anda profesional. Saat anda mempraktikan yang anda peroleh dari cara 'Mencontek' tersebut anda akan mendapat banyak kendala, entah lupa proporsi wajah bentuk mata, dll. 
Ingat ! menggambar bukan hanya sekedar meniru, Jika kalian ingin MENTAL GAMBAR yang kuat anda harus belajar teori menggambar juga. Anda harus belajar proporsi tubuh, proporsi kepala, gesture, perspektif, dll.
Tidak ada yang Instant di Dunia ini, semua diperoleh dengan kerja Keras !
Semua Illustrator mempunyai Style masing-masing, jika anda lihat mangaka (komikus) di Jepang style mereka pasti berbeda-beda, itulah trik yang membuat mereka tetap eksis berkarya. Jalani dunia seni dengan Style anda sendiri, jadi anda dapat mengubah apa yang ada di dalamnya dengan sepenuh Hati 

3. Anda berkarya sebagai Hobby ! bukan sebagai Tekanan.


Hasil gambar untuk depresi

Saat anda merasa depresi dalam menggambar, anda harus mengingat ingat kembali tujuan anda terjun ke dunia gambar atau seni. Anda harus mengingat tujuan pertama anda terjun ke dunia ini, saya yakin HOBBY yang membawa anda ke dalam dunia ini, Jika tidak maka anda asti tidak akan membaca tulisan ini (hehehe). Hobby andalah yang membuat anda berkembang sejauh ini jadi anda harus membuang jauh jauh tekanan dalam diri anda dengan menyuarakan ke hati anda "Saya menggambar karena saya suka ".


4. Olahraga 


Hasil gambar untuk sport jogging

Tubuh yang tidak FIT menjadi penyebab ARTBLOCK juga lho...
Hah ? kok bisa ? 
Sangat bisa, karena jika tubuh kita lama tidak bergerak, otomatis tubuh kita akan menjadi kaku. Karenanya Olahraga sangat dianjurkan, selain untuk menyehatkan tubuh, Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak.
Pentingnya olahraga bagi tubuh dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan/digerakkan. Lambat laun, bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak/bekerja.Demikian pula tubuh, jika kurang gerak, tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik

5. Beribadah yang Rajin


Hasil gambar untuk shalat

Jika pikiran kita sudah penat, itu juga tanda-tanda Artblock akan muncul. Selain olahraga kita juga dapat meniungkatkan aspek spiritual di dalam diri kita. Beribadah dapat menenangkan jiwa, Bagi anda yang Muslim Gerakan shalat akan sangat bermanfaat. Kenapa ? karena gerakan shalat memiliki manfaat yang banyak lho.. Gerakan shalat disini diibaratkan seperti gerakan yoga, yang berfungsi untuk menenangkan pikiran dan memasimalkan kinerja organ tubuh manusia. 




Yak, sekian yang bisa saya bagikan kali ini, pada dasarnya Artblock bisa muncul dari tumpukan pikiran . Entah ada tugas yang belum diselesaikan sehingga membuat hati resah atau yang lain. Yang jelas Selamat berkarya !

Chiayoo !
Wassalamu'alaykum Wr.wb



1 komentar: